Wiku : Zona Hijau Tetap Berisiko Penularan Corona

Wiku : Zona Hijau Tetap Berisiko Penularan Corona

Selasa, 25 Agustus 2020,

KarawangPos.com - Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan daerah berstatus zona hijau bukan berarti bebas dari penularan virus corona (Covid-19). Menurut Wiku, zona hijau tetap memiliki risiko terjadi penyebaran virus corona.


"Meskipun salah sau warnanya adalah hijau, tidak serta merta risiko di daerah zona hijau adalah nol, zonasi merah-oranye-kuning-hijau memiliki risiko yang bervariasi, zona hijau pun tetap memiliki risiko," kata Wiku di Kantor Presiden, Selasa (25/8).


Wiku mengatakan terjadi pengurangan daerah zona hijau atau tak terdampak Covid-19. Pada Mei, jumlah kabupaten/kota tak terdampak sebanyak 102, namun pada bulan ini hanya tersisa 32 kabupaten/kota.


"Ini harus kita jaga betul supaya daerah ini tidak berkurang, justru zona hijau bertambah," ujar Wiku.


Ia mengimbau masyarakat dam pemerintah daerah di kabupaten/kota yang berada dalam zona hijau tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat agar bisa mempertahankan wilayahnya tak tedampak Covid-19.


"Untuk itu protokol kesehatan tetap harus dijalankan ketat untuk seluruh zona yang ada supaya tetap menjadi hijau," kata Wiku.


Berdasarkan data Satgas per Minggu (23/8) zona hijau Covid-19, baik tak ada kasus dan tak terdampak berjumlah 74 kabupaten/kota. Jumlah ini sama dengan pekan sebelumnya, namun beberapa daerah mengalami perpindahan zona dari kuning ke hijau, oranye ke hijau, atau sebaliknya.


Seperti Kabupaten Donggala, Kabupaten Tana Tidung, Kabupaten Parigi Moutong di Provinsi Sulawesi Tengah yang sebelumnya berada pada zona hijau berubah jadi zona kuning Covid-19.


Kemudian Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat berpindah dari zona hijau menjadi zona oranye Covid-19 pada pekan ini.


Lalu Kabupaten Gayo Lues, Aceh juga berpindah pada pekan ini menjadi zona oranye dari sebelumnya zona hijau Covid-19.


Perpindahan juga terjadi dari zona kuning menjadi zona hijau, seperti Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung yang pindah menjadi zona hijau pekan ini. Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku juga pindah dari zona kuning menjadi zona hijau.


Kemudian Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat; serta Kabupaten Pesawaran dan Kota Metro, Lampung berpindah dari zona kuning ke zona hijau Covid-19.


Sementara zona merah Covid-19 tercatat berjumlah 22 kabupaten/kota. Jumlah tersebut turun dari sebelumnya 29 daerah pada pekan lalu.


Hingga hari ini, jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia mencapai 157.859 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 112.867 orang dinyatakan sembuh dan 6.858 orang lainnya meninggal dunia.


TerPopuler