Gubernur Jabar Terima Penghargaan Kepala Daerah Inovatif

Gubernur Jabar Terima Penghargaan Kepala Daerah Inovatif

Rabu, 26 Agustus 2020,
KarawangPos.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) Tahun 2020 Kategori Kesehatan dalam Inovasi Penanganan Covid-19.

Penghargaan itu lantas didedikasikan untuk Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, kepala daerah, dan seluruh warga Jabar yang turut berjuang mengatasi pandemi.

"Saya dedikasikan penghargaan ini untuk seluruh ribuan orang dari Gugus Tugas Covid-19 Jabar, mereka yang ada di lapangan, di desa-desa, termasuk para wali kota dan bupati se-Jabar," kata Emil sapaan Ridwan Kamil, saat menerima penghargaan via video conference di Jakarta, Rabu (26/8).

Emil mengatakan, penghargaan tersebut tidak menjadi hal terpenting dalam penanganan Covid, namun menandai bahwa upaya yang dilakukan dapat menyentuh ke akar persoalan. Selain itu, pihaknya disebut selalu menerapkan lima prinsip dalam menangani Covid-19, yaitu proaktif, transparan, ilmiah, kolaboratif, dan inovatif.

"Inovatif ini kami menggerakkan semua industri. Jabar itu satu-satunya provinsi yang bisa memproduksi semua alat perang melawan Covid-19. Mulai dari PCR, rapid test, sampai surgical mask, bikin sendiri," ucapnya.

Termasuk, terkait uji klinis fase 3 vaksin Covid-19 Sinovac dilakukan oleh BUMN Bio Farma dan FK Unpad di mana Emil sendiri terjun sebagai salah satu relawan. Menurut Emil, kegiatan itu merupakan upaya Jabar untuk menggerakkan industri, dan memastikan fokus pada penanganan Covid-19.

"Mohon doanya untuk seluruh warga Jabar, saat ini tengah mempersiapkan produksi vaksin, sehingga ending dari pandemi ini mudah-mudahan kalau Allah kabulkan Januari sudah mulai terlihat," kata Emil.

Lebih lanjut ia menyebut kunci keberhasilan Jabar menangani pandemi terletak pada kekompakan kepala daerah di 27 kabupaten dan kota menerapkan prinsip silih asah, silih asih, dan silih asuh.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjyo Kumolo melontarkan harap agar lahir inovasi-inovasi lain yang akan menghasilkan daerah-daerah berintegritas dan berprestasi.

"Semoga dengan apresiasi ini, bisa merangsang teman-teman daerah lainnya untuk bisa berinovasi sekecil apapun, untuk percepatan pembangunan yang ada di daerah," katanya.

Penghargaan KDI 2020 diberikan oleh Koran Sindo kepada kepala daerah inovatif. Acara digelar secara virtual karena situasi pandemi.

TerPopuler