Siapkan Kilang, Pertamina Akan Uji Coba Green Avtur Akhir 2020

Siapkan Kilang, Pertamina Akan Uji Coba Green Avtur Akhir 2020

Kamis, 23 Juli 2020,
KarawangPos.com - PT Pertamina (Persero) tengah menyiapkan Kilang Cilacap untuk uji coba produksi green avtur pada akhir 2020. Hal itu menyusul kesuksesan mereka menguji coba produksi Green Diesel D100 sebesar 1.000 barel per hari di Kilang Dumai  beberapa waktu lalu.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan uji coba produksi Green Avtur pertama tersebut akan dilakukan dengan Co-Processing injeksi 3 persen minyak kelapa sawit atau CPO yang telah diproses lebih lanjut sehingga hilang getah, impurities dan baunya (Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil / RBDPO).

Uji coba dilakukan di fasilitas existing Kilang Cilacap.

"Uji coba green avtur ini merupakan bagian dari road map pengembangan biorefinery Pertamina dalam rangka mewujudkan green energi di Indonesia. Selain Kilang Dumai yang sudah berhasil mengolah 100 persen minyak sawit menjadi Green Diesel D100, Pertamina juga akan membangun 2 (dua) Standalone Biorefinery lainnya yaitu di Cilacap dan Plaju," ujar Nicke seperti dikutip dari pernyataannya, Kamis (23/7).

Ia menambahkan Standalone Biorefinery di Cilacap diharapkan dapat memproduksi green energy berkapasitas 6.000 barel per hari. Sedangkan untuk Standalone Biorefinery di Plaju diharapkan bisa memproduksi 20 ribu barel per hari.

Kedua Standalone Biorefinery ini diharapkan mampu memproduksi Green Diesel maupun Green Avtur dengan berbahan baku 100 persen minyak nabati. Selain Green Diesel dan Green Avtur yang masih akan diuji coba produksinya, Pertamina juga telah menguji coba Green Gasoline.

Nicke mengatakan Green gasoline uji coba dilakukan di fasilitas Kilang Plaju dan Cilacap sejak 2019 dan 2020. Dalam uji coba, Pertamina mengklaim mampu mengolah bahan baku minyak sawit hingga sebesar 20 persen injeksi.

TerPopuler