Buang Sembarangan, Tumpukan Limbah Medis Diduga Milik RS. LM Digaris Polisi

Buang Sembarangan, Tumpukan Limbah Medis Diduga Milik RS. LM Digaris Polisi

Kamis, 13 Februari 2020,
KarawangPos.com - Tumpukan sampah dalam plastik berwarna hitam yang diduga merupakan limbah medis milik salah satu rumah sakit di Kabupaten Karawang ditemukan di sekitar Tempat Pembungan Sampah (TPS) Kelurahan Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Kamis (13/2).

Hasil penelusuran di sekitar lokasi tempat ditemukannya limbah medis tersebut terdapat puluhan kantong sampah plastik berwarna hitam berisikan limbah medis bertuliskan RS. Lira Medika.

Selain benda-benda medis yang terdapat di dalam kantong plastik berwarna hitam, juga terdapat potongan menyerupai tulang belulang. Namun belum diketahui, apakah tulang tersebut merupakan tulang dari binatang atau manusia.

Informasi yang didapat, lahan yang menjadi tempat pembuanagn sampah berupa limbah medis tersebut merupakan tanah eks bengkok Kelurahan Palumbonsari, dan di lokasi tempat pembuangan, sudah terpasang garis polisi.

Salah satu pemulung, Rosad (52), yang kerap mencari botol bekas di TPS menyebut, limbah tersebut diangkut ke lokasi setiap Rabu dan Sabtu. 

Kemudian diangkut lagi tiga hari berikutnya menggunakan truk milik DLHK Karawang

"Sudah ada sebulan. Dipilah, diambil botol plastiknya oleh si Bapak (petugas DLHK)," kata Rosad.

Meski begitu ia mengaku tidak tahu bahwa tumpukan limbah tersebut merupakan limbah medis.

Kepala DLHK Karawang, Wawan Setiawan, mengaku belum mengetahui adanya penumpukan limbah medis di dekat TPS Palumbonsari Karawang.

"Tim Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) DLHK sedang mengecek ke lapangan," kata dia.

Meski sudah terpasang garis polisi, belum ada keterangan resmi yang dapat disampaikan pihak Polres Karawang.(red)

TerPopuler